Inilah Cara Mancing Ikan Gabus Babon dan Umpannya Paling Ampuh - MEMBUAT UMPAN IKAN
Loading...

Inilah Cara Mancing Ikan Gabus Babon dan Umpannya Paling Ampuh

Loading...
Loading...

Inilah Cara Mancing Ikan Gabus Babon dan Umpannya Paling Ampuh. Keasyikan dari memancing ikan gabus yaitu terpacunya adrenalin anda ketika umapan anda disambar oleh ikan gabus ini. Tarikan ikan ini sangat kuat, jadi membutuhkan tenaga extra dan teknik memancing yang benar untuk bisa mengangkatnya ke daratan.

Ikan jenis ini adalah predator yang rakus apalagi ketika ikan gabus ini menyambar umpan.Ditempat atau spot yang cukup bagus dan berpotensi banyak ikan gabusnya dengan hanya melemparkan umpan anda di dekat lubang persembunyian ikan ini. Maka, tidak butuh waktu lama agar umpan disambar. Bahkan tak jarang mata kail akan ikut termakan hingga ke dalam perut ikan gabus ini.

Para pemancing traditional pada zaman dulu ketika memancing alatnya hanya memggunakan alat yang sederhana. Seperti joran tegek yang dibuat hanya dari sebatang bambu, kemudian diikat dengan benang pancing atau kenur. Dulu juga hanya menggunakan umpan alami seperti katak.

Cara Mancing Ikan Gabus


Kesulitan dalam memancing ikan gabus yang pertama adalah dibutuhkan peralatan mancing yang kokoh. Perlawanan yang diberikan ikan ini cukup berat sehingga perlu pancing yang kokoh. Senarnya pun harus yang kuat.

Jangan sampai ketika strike, Anda malah kehilangan ikan gara-gara senarnya putus di tengah-tengah pertarungan.

Atau karena tongkat memancing terbuat dari kayu biasa, bukan tongkat memancing khusus, tongkatnya malah patah dan Anda pun tidak bisa melakukan kegiatan memancing lagi.

Cara Mancing Ikan Gabus di Rawa dan Sawah

Dalam ekosistem rawa dan sawah (karena keduanya memiliki kondisi yang cukup mirip), perlu diketahui tidak hanya ikan gabus sang pemangsa utama dalam ekosistem tersebut.

Ada ular yang juga sering menangkap mangsa yang sama dengan ikan gabus, jadi, untuk melempar umpan saja, harus mengandalkan insting dan pengalaman. Jangan sampai, tempat yang Anda lemparkan umpan ternyata adalah sarang ular.

Selain pemilihan tempat melempar umpan, Anda harus tahu trik casting yang tepat. Casting adalah membuat umpan seolah-olah hidup dengan menggerak-gerakkannya perlahan. Ikan gabus sama seperti ikan pada umumnya, menyukai makanan segar. Apalagi ikan pemangsa, pasti menyukai mangsa yang masih hidup karena faktor-faktor tersebut, Anda perlu menggoyangkan umpan yang telah dilempar perlahan. agar terkesan seperti masih hidup.

Cara Mancing Ikan Gabus di Danau

Untuk memancing ikan gabus di danau, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah joran yang tidak kaku, dan senar pancing yang tidak terlalu tebal. Karena ikan di danau tidak sebesar ikan yang ada di laut. Begitu juga dengan kail, tidak perlu menggunakan kail yang besar.

Sedangkan untuk cara memancing di danau, anda bisa menggunakan teknik casting yang bisa digunakan dimana saja dan lebih mudah. Caranya adalah dengan melemparkan umpan sejauh mungkin kemudian menarik kembali umpan tersebut, lakukan langkah tersebut hingga mendapat ikan.

Cara Memancing Ikan Gabus dengan Umpan Tiruan

1. Soft frog

Ialah jenis yang sangat cocok untuk memancing ikan gabus ini,kenapa demikian,karena soft frog dirancang husus dengan berbagai cara agar menyerupaik kodok aslinya dan ternya ta emang benar soft frog itu mirip ekali dengan kodok aslinya.

Adapun bahannya yang kebanyakan dari bahan karet atau sintetis inijadi siumpan itu genial agak mengembang yang menyesuaikan saja seperti kodok yang aslinya,dengan dipasngkan kail besar dibagian kodoknya itu.

Jadi itu termasuk salah satu jurus umpan tiruan yang harus anda coba untuk memancing ikan gabus hususnya,silahkan cari saja di took-toko pancing terdekat anda,untuk ukurannya menyesuaikan saja gima kebutuhannya.

2. Viva mazzy frog

Merupakan salah satu jenis umpan tiruan ikan gabus,viva mazzy ffrog juga sangatlah diandalkan untuk casting ikan gabus itu,karena viva mazzy frog juga sama bentuknya menyerupai kodok,namun untuk viva maxxy frog biasnya di ujung mulu umpannya itu akan dipasang kaya tali-tali gitu.

Dan untuk si kailnya biasnya hanya satu saja hanya didalam si umpan tiruan tersebut tyang gunanaya agar si ikan mudah tertangkap dan berhasil didapatkan. Silahkan saja agan-agan cari umpan tiruan viva mazzy frog ini banyak sekali ko ditoko-toko pancing dan harganya juga terjangkau.

3. Mouse frog soft lure

Nah jenis ini juga merupakan salah satu andalan angler untuk mendapatkan atau memancing ikan gabus hususnya,karena bentuknya yang mirip tikus dengan ukruannya yang mungil dan mirip tikus aslinya,jadi sangat isarankanbagi agan-agan yang ingin memancing ikan gabus itu.

Karena ikan gabus itu tidak akan memilah milah apapun yang ada di atasnya ataupun apa saja yang melewat ke hadapannya dan menurut dia adalah mangsanya maka si ikan gabus akan memakannya apapaun itu jadi ikan gabus adlah ikan yang sangat rakus dan agresif sekali terhadp rangsangannya ataupun mangsanya,tikuslah saalah satunya.

Cara Memancing Ikan Gabus Malam Hari

Untuk memancing ikan gabus, perlu timing yang tepat. Tidak hanya itu, waktunya juga harus tepat. Anda harus tahu, ikan gabus berkeliaran pada waktu malam hari untuk mencari makan. Jadi, di malam hari dan bagus lagi jika diterangi sinar bulan, Anda akan mendapat hasil pancing ikan gabus melimpah di rawa.

Umpan Mancing Ikan Gabus Liar

1. Katak, cara yang baik dalam menggunakan umpan jenis ini adalah katak dikaitkan pada mata kail dibagian ekor. Usahakan katak tersebut dalam kondisi hidup karena jika katak dalam kondisi yang segar maka akan dapat menarik perhatian ikan gabus sehingga ikan tersebut semakin ganas.

2. Cacing tanah selain gampang untuk dicari baik kita mencari sendiri atau membeli , cacing tanah juga cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator jenis ikan gabus ini, karena Cacing tanah meniliki ciri khas yaitu bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan gabus ini menjadi lebih tertarik.

3. Belalang juga bisa dipakai untuk memancing ikan gabus. Caranya, mata kail dikaitkan pada belalang mulai dari ekornya hingga badannya.

4. Jangkrik Selain umpan yang sudah ada di atas umpan ikan gabus dengan jangkrik juga dapat digunakan sebagai salah satu umpan jitu mancing ikan gabus. Cara memakainya sama persis dengan memasng umpan belalang.

5. Ikan kecil jenis wader, dalam menggunakan umpan ini sama ketika kita menggunakan umpan katak. Yang membedakan dalam memasng umpan yaitu dengan cara kaitkan pada bagian ekor ikan atau punggung ikan agar ikan masih dapat berenang seperti layaknya ikan liar. dan di usahakan ikan tidak cepat mati ketika kita jadikan umpan dalam memancing.

6. Ulat daun pisang ini juga ampuh dan bisa kita gunakan dalam memancing ikan gabus . ulat daun pisang memiliki daya tarik tersendiri untuk ikan gabus. caranya memasangnya pada kail pun sama dengan cara memasangnya pada belalang.

Teknik mancing gabus sukses di jamin ngoceng trus

Berbagi teknik mancing ikan gabus dan snakehead bersama om uyung yang di kutip dari berbagai sumber yang tentu saja sudah pasti khasiatnya..manjur sob

Beberapa Teknik Untuk Mancing Gabus

    1. Teknik DUDUL

    Memancing ikan Gabus dengan Teknik Dudul / Nge-Dudul ini sebenarnya telah banyak dilakukan oleh orang tua kita jaman dahulu...

    dan saya pun pernah belajar mancing ikan Gabus dengan teknik ini belajar dari orang-orang tua waktu saya masih kecil

    Mancing dengan teknik ini menggunakan Piranti Joran Tegek atau jaman dulu orangtua kita membuatnya dari sebatang Bambu yg di raut, lalu

    di ikatkan dengan seutas senar mono dan menggunakan umpan Kodok hidup ataupun mati.

    Spot yg ideal untuk mancing dengan teknik seperti ini adalah daerah persawahan ataupun daerah rawa2 yg banyak di tumbuhi tanaman air seperti :

    Eceng gondok, teratai, matalele, kapu-kapu, dll.

    Cara mancing dengan teknik ini yaitu dengan cara mendudul atau menyelupkan umpan kita ke air lalu diangkat-angkat lalu dicelupkan lagi...terus-menerus

    dilakukan dengan cara seperti ini (celup-angkat-celup- angkat) seolah-olah seperti kodok yg sedang ketakutan atau kodok yg sedang lompat-lompat.

    2. Teknik PELAMPUNGAN

    Memancing ikan Gabus dengan Teknik Pelampung ini mirip sekali dengan cara mancing ikan lainnya...

    Yaitu dengan Umpan Kodok hidup atau dengan umpan daging keong atau kerang kerang yg dikaitkan ke mata kail lalu lempar ke spot yg di inginkan,

    dan diberi Pelampung (biasanya pelampung ukuran besar) sebagai tanda ikan telah memakan umpan kita..

    3. Teknik TEGER / NEGER

    Memancing ikan Gabus dengan Teknik TEGER / NEGER ini biasanya dilakukan oleh pencari ikan yg bertujuan untuk dijual...

    Teknik ini menggunakan joran terbuat dari bambu dengan panjang biasanya 100cm / 1 meter....

    biasanya di ikatkan dengan seutas senar Nylon yg cukup tebal dengan umpan kodok hidup....

    Dan biasanya pemancing teger ini melepas pancingannya dengan jumlah banyak bisa mencapai 200 - 300 pancing teger,

    dengan cara di tancapkan di sekeliling empang / rawa dan biasanya dilakukan sore hari dan akan di angkat besok paginya...

    Ikan yg terkena pancing teger ini biasanya sudah keburu mati waktu kita mengangkat tegeran kita itu.

    4. Teknik CASTING

    Teknik Casting ini sebenarnya sudah di bahas dalam Thread Casting dan Popping namun saya hanya mengulas ulang saja

    Casting adalah teknik mancing menggunakan umpan palsu dengan cara melempar umpan ke daerah target yang kita inginkan,

    kemudian retrieve perlahan-lahan sehingga umpan yang dirancang sedemikian rupa bergerak menyerupai ikan atau umpan hidup sungguhan sehingga

    menarik ikan-ikan predator.

    Karena sifat ikan gabus yang agresif dalam memburu mangsanya,

    maka untuk memancing ikan gabus dengan cara memberi umpan yang bergerak.

    Biasanya yang digunakan untuk umpan Gabus dengan teknik Casting

    adalah : Soft Frogie, Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper, Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.

    Teknik ini cukup melelahkan karena harus melempar dan retrieve berkali-kali

    bahkan bisa dibilang menjemukan, sehingga dibutuhkan kesabaran dan fisik yang prima,

    apalagi sengatan matahari membuat badan cepat lelah, Tapi setelah mendapat sambaran yg membuat jantung berdebar kencang dan dengkul gemetar hehehehehe...(saya sering ngalamin ini)

    hilanglah semua rasa lelah berganti dengan rasa puas dan gembira.....

    PERALATAN CASTING

    1. Reel

    Bisa menggunakan Spinning Reel ataupun Baitcasting Reel,

    Spinning Reel umumnya menggunakan ukuran 2000 – 4000.

    Biasanya memiliki spool yang tidak dalam (cetek) dan juga bentuk spoolnya panjang dan lebar.

    2. Joran

    Joran yg digunakan umumnya mempunyai panjang : 180cm – 210cm

    3. Umpan

    Ada dua tipe dari umpan ini yaitu ada yang diperuntukan di permukaan air dan ada juga yang memang khusus untuk kedalaman.

    Jenis umpan bermacam-macam seperti, Soft Frogie / Hard Frogie, Minnow, Spoon, Mini Popper,Pencilbait, Stickbait, Spinnerbait, Buzzbait, Dll.

    Ukuran yang digunakan biasanya sekitar 3cm – 10cm.

    Pada umumnya warna umpan juga menjadi pertimbangan tertarik atau tidaknya ikan target.

    4. Senar

    Jenis senar yang biasa digunakan adalah senar Mono maupun dari jenis braided (PE), mulai dari PE 1 – PE 3

    5. Leader Line

    Gunakan Fluorocarbon dengan ukuran 20lbs - 40lbs, panjangnya kira-kira 2 meter.

    CASTING ACTION

    Setelah semua peralatan selesai disiapkan, barulah kita mencari spot yang menurut kita memiliki potensi yang bagus untuk mancing.

    Lempar kan umpan ke arah target yang diinginkan kemudian retrieve secara perlahan-lahan hingga membuat ikan target tergoda.

    Selain jenis, warna dan ukuran lure yang mempengaruhi tergoda atau tidaknya ikan target juga tergantung dari kemahiran kita dalam memainkan umpan tersebut.

    Jika pada lemparan pertama belum mendapatkan strike, ulangi terus sampai anda mendapatkan strike ikan yang anda inginkan.

    Demikian sekiranya apa yg dapat saya sampaikan....semoga berkenan...dan apabila teman-teman ada yg ingin menambahkan saya persilahkan dengan senang hati...

    Jika ada kesalahan dalam penulisan ini saya meminta maaf sebelumnya dan saya bersedia di koreksi....

    Selamat Mencoba dengan Teknik yg anda sukai....

    Tips Casting Gabus jika menggunakan Umpan Soft frogie :

    Saat umpan disambar joran jangan langsung disentak, dibiarkan beberapa detik (3-5 detik) untuk memberi kesempatan ikan menelan umpannya.

    Saat joran disentak Gabus melompat atau memendamkan dirinya ke lumpur dan melakukan perlawanan.

    Disinilah sensasi strike ikan gabus liar yang cukup bertenaga dan gigi-gigi yang tajam menggesek-gesek tali senar yang yg biasanya mengakibatkan putus.

    Salam Strike Selalu..........

Teknik mancing casting gabus agar sukses strike…

Mancing gabus dengan cara casting saat ini sedang tren di kalangan mancing mania. Di sini saya akan memaparkan teknik memancing gabus berdasar pengalaman saya. Namun perlu dicatat bahwa keberhasilan casting juga dipengaruhi oleh kebiasaan dan tabiat gabus di spot tujuan.

Tapi sebelum Anda membaca teknik mancing casting ikan gabus ini Anda harus sudah membaca artikel Alat dan cara mancing teknik casting agar Anda mudah memahami apa yang akan saya sampaikan di sini.

Cara dan teknik casting gabus agar mudah strike

Karena yang saya paparkan adalah pengalaman saya sendiri, maka hal-hal yang saya sampaikan bukanlah hal ideal secara umum, sebab bisa jadi Anda malah memiliki teknik casting gabus yang sama-sama telah teruji.

Untuk alat yang biasa saya gunakan untuk casting ikan gabus, secara umum sama dengan paparan pada artikel  Alat dan cara mancing teknik casting. Hanya saja ada beberapa catatan:– Umpan palsu (lure) gunakan soft froggy lure (umpan tiruan bentuk katak dengan karet lembutt) pilih yang warna hitam..

– Lemparan umpan: Lemparkan umpan melewati obyek sasaran di mana kita perkirakan ada gabus di sana. Jadi jangan dilempar tepat ke sasaran. Setelah lempar melewati sasaran, barulah umpan kita tarik.

– Cara menggulung senar setelah lempar: Untuk awal lemparan, gulunglah dengan kecepatan biasa (memang relatif sih). Jika ada gabus siap makan, biasanya akan langsung mengejar dan menyambar umpan. Jika dalam 2-3 kali lemparan belum ada response, cobalah lempar dan gulung secara agak cepat. Yang penting, lakukan penggulungan senar secara variatif.

– Jumlah lemparan: Kadang pemancing casting tidak sabaran dalam casting. Baru 2-5 kali lempar sudah menganggap tidak ada ikan gabus. Nah itu salah. Kadang kita perlu melempar hingga 10-15 kali. Sebab, meski gabus sudah melihat umpan, dia bisa saja tidak segera bertindak mengejar umpan kalau dia merasa posisinya tidak pas untuk menyambar. Dia akan bergeser sedikit demi sedikit dari tempat persembunyian sampai dia merasa pasti sekali loncat bisa menerkam umpan yang lewat di dekatnya (hal ini berdasar pengalaman saya ketika casting gabus yang terlihat ngumpet di bawah enceng gondok. Dia terlihat menggeser-geser posisi dan baru pada lemparan saya yang ke-9 ketika posisi dia benar-benar menghadap jalur tarikan umpan, dia baru menerkam umpan).

– Pilih sasaran air terdangkal yang paling mungkin bagi gabus bisa sembunyi: Gabus biasanya bersumbunyi di tempat terdangkal dari sebuah genangan air selama di sana ada tempat untuk sembunyi, misalnya di bawah rermputan, sampah dedaunan atau sampah plastik. Banyak angler atau pemancing yang justru menghindari cekungan air dangkal dengan asumsi "tidak ada ikannya".

Faktor-faktor kegagalan casting gabus:

    Peralatan tidak memadai, contohnya adalah penggunaan froggy lure yang tidak tepat. Misalnya terlalu keras sehingga ketika gabus menyambar mata kail pancing tidak tembus ke mulut gabus. Bisa juga froggy-nya tidak terkontrol sehingga ketika disambar gabus posisi karet malah menghalangi menancapnya mata kail pancing ke mulut gabus.

    Senar PE putus karena drag terlalu kencang.

    Gabus menerobos masuk ke semak atau lumpur dan sulit diangkat karena terlambat memggulung senar atau karena drag reel terlalu kendor.

    Kili-kili atau leader putus karena aus atau terpasang secara tidak betul.

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Mancing Ikan Gabus Babon dan Umpannya Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel