Strategi Cara Mancing Ikan Mas di Kolam Teknik dengan Teknik Jitu - MEMBUAT UMPAN IKAN
Loading...

Strategi Cara Mancing Ikan Mas di Kolam Teknik dengan Teknik Jitu

Loading...
Loading...
Strategi Cara Mancing Ikan Mas di Kolam Teknik dengan Teknik Jitu.  Ikan mas termasuk ikan yang populer di kolam pemancingan, ikan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi yang menyukai memancing di kolam. Ikan yang mencari makan di dasar tempat habitatnya berada ini memiliki makanan alami berupa jasat-jasad renik maupun hewan-hewan kecil air yang ada di lumpur.Dalam memancing ikan ini tentunya menggunakan cara memancing dasar (bottom fishing). Sedangkan umpan yang digunakan untuk memancing ikan mas relatif mudah untuk didapat atau mudah dibuat.

Cara Memancing Ikan Mas Agar Cepat Dapat




Umpan untuk memancing ikan mas:

Umpan racikan atau adonan (ada sebagian pemancing mencampur adonan yang dibuatnya dengan maaf kotoran manusia katanya "lebih ampuh" mungkin karena baunya itu yang menarik ikan untuk mendekat)

Ulat pohon pisang, ulat ini berukuran kecil kira-kira sebesar pangkal lidi, ulat ini dapat kita peroleh dari pohon pisang yang sudah ditebang, dengan cara pohon pisang yang telah ditebang dibiarkan selama seminggu, ulat ini memakan pohon pisang tersebut, belah pohon pisang, disela-sela lapisan pohon pisang yang berlubang-lubang tersebutlah biasanya ulat pohon pisang berada.

Trik memancing ikan mas yang susah di pancing

Memancing ikan mas gampang-gampang susah. Umpan dan teknik dalam memancing telah tepat pun terkadang belum tentu dapat, memang terkadak kembali juga pada rejeki atau nasib orang yang memancingnya. Tapi kita sebagai manusia tentu saja harus berusaha secara maksimal. Makanan alami ikan ini yang berupa jasad-jasad renik membuatnya mudah untuk melihat senar pancing, untuk ikan mas yang susah di pancing atau sering di pancing :

        Gunakan joran yang ujungya lembut/pancing stik, (tidak menggunakan pancing katrol), pakai pelampung.
        Gunakan senar pancing yang berukuran kecil yang telah direndam dengan air panas.
        Gunakan mata kail (hook) no 6 kecil. Pakai pelampung
        Umpan yang baik untuk kolam pemancingan adalah umpan no 3 (di atas) "lebih ampuh"
        Perhatikan pelampung terkadang pelampung hanya bergerak sedikit walaupun ikan yang menyantap umpan kita ikan babon.
        Saat strike ikan besar jangan khawatir senar pancing kita putus, asalkan jangan sampai menyetuh senar pancing dan saat ikan telah dekat ke pinggir kolam angkat ikan tersebut dengan menggunakan serokan.

Cara Mancing Ikan Mas Lengkap dengan Tekniknya

Nah, apakah Anda salah satu orang yang gemar mancing ikan mas? Jika iya, alangkah baiknya Anda mengunjungi tambak atau kolam pemancingan. Memancing ikan mas memang termasuk sangat sulit dan memerlukan umpan yang tepat untuk membawa pulang ikan yang banyak.


Jika Anda bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, jangan khawatir, Superperikanan akan memberikan trik untuk memancing ikan mas yang sangat ampuh dan tentunya Anda senang. Berikut ini cara memancing ikan mas:
1. Sediakan alat yang lengkap

Untuk memancing ikan mas, tidak hanya soal umpan ekstra banyak dan jitu yang perlu dipersiapkan, melainkan alat pancinglah yang harus dipersiapkan dengan baik dan lengkap, apalagi soal senar, kail, dan juga pelampung.

2. Menggunakan senar kecil

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senar yang Anda gunakan haruslah yang paling halus, kecil, dan tentunya kuat agar saat dipakai untuk memancing bisa mengelabui ikan yang makan umpan pancing Anda.

3. Buat pelampung yang bagus

Pasang kail yang kecil dan pelampung yang tidak terlalu besar tapi kuat dengan diameter batangnya juga harus kecil pula, tujuannya adalah saat ikan mengenai umpan tidak akan lari kesana-sini.

4. Gunakanlah umpan tepat

yang jitu dan ampuh untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan mas yang banyak. Anda bisa menggunakan  umpan yang terbuat dari bahan telur bebek,kroto, susu, susu bubuk, dan potongan keju. Bahan terlebih dahulu dihaluskan untuk kemudian dijadikan sebagai pelet mancing ikan mas.

5. Teknik lempar senar yang tepat

Lemparkan senar dan umpan ke tempat sasaran saat memancing atau lebih tepatnya senar dan kail berada jauh ke dalam air dan pelampungnya mengapung namun harus sedikit terendam di air agar tidak membentuk bayangan.

6.Sabar

Sabar hingga umpan dimakan oleh ikan mas. Jika terdapat getaran atau tarikan yang berat, itu artinya ikan mas sedang melahap umpan Anda, segera ulur dan tarik dengan cepat ke atas secara hati-hati supaya ikannya tidak terlepas lagi, kemudian angkat ikan yang sudah terkait di kail.

7. Doa

Dalam memancing ikan juga perlu yang namnya doa, maka sebelum berangkat mancing berdoalah kepada tuhan agar diberikan rezeki yang banyak, Apabila langkah nomor 6 masih belum berhasil, coba lagi sampai tepat sasaran dan sabar menunggu sampai ikan mas memakan umpan sobat.

Memancing ikan memang suatu pekerjaan yang menyenangkan, namun dalam memancing kita juga harus banyak bersabar dan berdoa kepada tuhan. Jika sobat sudah berusaha tapi ikan yang sobat dapatkan juga belum sesuai harapan berarti sobat harus banyak tawakkal dan meminta lagi kepada sang khalik.

Tips dan Trik Memancing Ikan Mas

Memancing ikan di kolam atau empang adalah salah satu hobi yang umumnya digemari para pria, baik yang masih lajang maupun berkeluarga. Selain asyik dan santai untuk dijadikan kegiatan saat libur, siapa tahu beruntung mendapatkan ikan cukup besar untuk dibawa pulang?

Secara awam, memancing ikan terlihat mudah saja. Tinggal lemparkan kail yang telah diberi umpan, biarkan ikan memakan umpan, lalu angkat. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, karena memancing juga perlu keahlian khusus.

Teknik memancing yang baik, sangat diperlukan, apalagi jika Anda ingin ikut lomba. Berlatihlah dan pengalaman akan mengajarkan Anda teknik yang benar dan efektif. Berikut beberapa trik yang bisa Anda ikuti:

Melontar Umpan

1. Lontaran umpan ternyata kunci sukses memancing. Pastikan lontaran jatuh pada titik yang sama dengan titik yang telah diberi umpan pengebom (umpan yang disebar tanpa kail). Lontaran ke arah sembarang, sama saja mengoper bola ke arah lapangan kosong.

2. Atur pegangan tangan tepat di gagang joran, di mana ril duduk. Buka kawat pengaman ril (Bail Arm) dan tahan kenur dengan jari telunjuk.

3. Pegang joran tegak lurus searah badan, arahkan mata ke titik tempat jatuhnya umpan. Gerakkan joran dengan gerakan siku ke arah depan hingga kenur tegak lurus dengan air, ayunkan umpan ke arah belakang.

4. Bila Anda masih ragu, gerakkan joran kembali ke depan. Kembali ayunkan umpan ke belakang, dengan menggerakkan joran lurus dengan kepala.

5. Saat umpan terayun ke belakang, lontarkan umpan bersamaan dengan arah balik ayunan umpan ke depan dengan gaya seperti menyabet dengan joran, jangan lupa melepas kenur yang tadi Anda tahan dengan jari.

6. Bila gerakan dilakukan secara benar, Anda tak akan kecewa dengan hasil lontaran, berlatihlah terus hingga dirasa telah cukup.

7. Untuk lemparan yang dekat, Anda cukup mengayunkan umpan tanpa sabetan joran, kemudian arahkan umpan ke tempat yang di tuju.

Catatan:

Tempat-tempat yang cocok dijadikan titik potensial (hotspot), misalnya:

- Tempat terdalam pada bagian empang yang rata, sisir dengan pelampung, jika ada satu bagian terdalam maka jadikan sebagai titik potensial.

- Daerah pertengahan kolam yang terdapat pancuran air.

- Daerah kolam di tempat masuk atau keluarnya air, juga daerah di mana terdapat patok bambu penyangga pipa pancuran air.

- Pinggir kolam yang dasarnya menjorok ke daratan (bentuk gua) atau yang banyak tanaman rambat yang menjuntai ke air. Dan masih banyak lagi ciri-ciri tempat yang baik untuk dijadikan hotspot.

Isyarat Pelampung

Perlu diperhatikan, tiap ikan mas tidak ada yang sama cara makannya. Perbedaan ini menghasilkan gerakan pelampung yang berbeda pula.

Ikan berukuran 1 kg (disebut ikan rame) biasanya makan dengan cara yang kasar, pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar, segera gentakkan joran.

Untuk ikan mas yang besar atau yang makannya terlalu penakut, gerakan pelampung mungkin hanya sekali saja, bila saat itu lengah, maka Anda hanya akan mendapatkan umpan habis termakan.

Berikut gerakan pelampung tanpa umpan termakan:

1. Ikan mas besar biasanya lebih waspada, ia akan makan umpan yang ada di depannya tetapi bila dirasa sesuatu menghalangi seperti mata kail, kenur dan lainnya, ikan tersebut akan menyemburkan kembali umpan. Sehingga gerakan ini akan menghasilkan satu gerak saja pada pelampung.

2. Diasumsikan pelampung yang Anda pakai terbuat dari bulu ayam merak. Bila pelampung dengan umpan di dasar air tegak lurus (pengukuran kedalamannya tepat), maka pelampung Anda akan naik satu ruas dari batas air. Dan bila jarak pelampung dengan umpannya miring (pengukuran kedalamannya dilebihkan), maka pelampung akan tenggelam satu ruas. Dua kondisi tadi menandai Anda untuk segera menggentak joran.

Isyarat pelampung berikut ini, jelas-jelas menandakan umpan sedang dimakan, dan Anda harus segera menggentak joran, diilustrasikan sebagai berikut :

- Pelampung bergerak turun naik dengan cepat seperti gerakan mesin jahit : Anda harus segera menggentak joran!

- Pelampung bergerak turun naik dengan cepat, kemudian menghilang: Gerakan pelampung ini juga menunjukkan bahwa umpan sedang dimakan.

- Pelampung bergerak naik lalu tiba-tiba rebah kemudian terseret atau menghilang: Awas! Ikan sedang makan umpan.

Isyarat Kenur

Pada rangkaian glosor atau kenur bebas (free lining) lainnya, gerakan umpan yang dimakan ikan, getarannya langsung disalurkan ke kenur.

- Setelah umpan dilontarkan, gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest), atur kenur agar menegang namun janganlah terlalu kencang, agak kendor sedikit.

- Perhatikan kenur yang memasuki air karena di sini getarannya dapat terlihat jelas.

Ada 2 kondisi Anda harus segera menggentak joran :

1. Tanpa isyarat awal, tiba-tiba saja kenur terangkat dan bergerak menjauh.

2. Kenur yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor.

Keadaan lain yang dapat dideteksi, misalnya kenur bergerak-gerak mengencang dan mengendur, gerakan yang amat halus dan dapat dirasakan dengan memposisikan jari telunjuk pada kenur.

Pada keadaan ekstrim, joran turut tercebur ke air sehingga disarankan mengikatkan tali pengaman pada joran, bila memancing di danau atau perairan dalam.

Menggentak Joran

Agar ikan dapat terkait saat umpan dimakan, Anda perlu menggentak joran (strike), terutama bila menggunakan pelampung. Gerakan ini, dapat digolongkan sebagai gerakan refleks. Agar mendapatkan gerakan refleks, tangan Anda harus terus dilatih untuk segera meraih joran. Caranya:

1. Raih joran dengan memegangnya pada pangkal joran, tepat didudukan ril penggulung.

2. Posisi jari telunjuk ada di depan gagang penggulung, sedang jari lain dibelakangnya.

3. Gerakkan joran jauh ke arah belakang kepala secara cepat, usahakan jangan mengendurkan kenur, baca gerak ikan dan mulailah mengajarnya.

4. Gerak menggentak yang benar adalah melawan arah kenur. Pada lokasi alam, lontaran dapat jauh di arah kanan atau kiri. Bila lontaran arah ke kiri, gentakannya ke belakang kanan. Bila lontaran arah ke kanan, gentakannya ke belakang kiri. Bila memancing di empang pemancingan, lontaran umpan hanya ke arah depan, karena sebelah kanan dan kiri ditempati orang lain.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Strategi Cara Mancing Ikan Mas di Kolam Teknik dengan Teknik Jitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel